Minggu, 29 Januari 2012

Fuel Injection Teknologi ala Bola Garputala

Awalnya saya jujur tergagap dengan kata Injection. Dulu saat kecil, Bapak saya kalau sakit, saat ditanya tetangga “bade kamana?” beliau suka mengatakan ” bade di injeksi heula ka doktor”  padahal mungkin yang dimaksud adalah berobat ke mantri kesehatan dan dulu biasanya dengan cara di suntik, karena saat itu masih jarang ada dokter di kampung, masyarakat kalau berobat paling ke mantri dengan sebutan “doktor”..hehehe
Terakhir saya mengenal kata Injeksi, saat meminjam motor kakak saya Yamaha Vixion. Saat mau pake, dia berteriak dari pintu ” Kade eta mah Injeksi”. Penjelasan dari kalimat itu adalah saat mau menyalakan motor,  sebelum di starter kunci kontak motor di on kan beberapa detik terlebih dahulu. Baru itulah pemahaman simple saya tentang teknologi motor injection yamaha. tak terbayang bagi saya bagaimana penjelasan detailnya bagaimana motor injection itu menjalankan fungsi-fungsi dalam perangkat mesinnya. Terus terang saya awam..kasian ya gue..hiks.
Pengetahuan tentang teknologi Injection pada motor  pertama kali bagi saya hanya tentang Yamaha V-ixion.  dan terus terang pengalaman pertama saat mengendarainya saya merasakan “sesuatu” yang memang berbeda.  Suaranya mantap “berwibawa” , tarikannya enteng dan wusss. Mulai saat itulah saya berazam, kalo nanti punya uang, pengen tongkrongin gagahnya V-Ixion di garasi rumah, karena sehar-hari, aktifitas saya dibantu sikukut Yamaha Mio…hiks.
Kini Yamaha mengeluarkan lagi produk Teknologi FI yang diberi nama Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI),  yang menurut kabar,  di negeri tetangga Taiwan sudah dikembangkan sejak tahun 2009, dan merupakan penyempurnaan dari produk FI sebelumnya.  Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) ini diklaim mampu membuat konsumsi bahan bakar minyak pada motor Yamaha menjadi lebih efisien dan hemat di atas 30 persen. Selain itu, Modifikasi ini juga membuat gas buangnya juga lebih ramah lingkungan.
Ada beberapa kata kunci  yang membuat saya semakin penasaran dan mengetatkan pengeluaran  uang demi keinginan memiliki sebuah motor lelaki yang gagah dan keren, dan saya yakin di tahun 2012 inilah saya akan memilikinya” Konsumsi bahan bakar lebih effisien, hemat diatas 30 persen, dan gas buangnya lebih ramah lingkungan“.
Produsen kendaraan yang mengeluarkan produk teknologi kendaraan bermotor, yang dalam inovasinya selalu mempertimbangkan effisiensi bahan bakar serta gas buang yang ramah lingkungan  berarti dia memiliki paradigma yang konsumen oriented, karena dengan kehematannya produsen membantu konsumen untuk urusan pengeluaran bbm, dengan ramah lingkungannya, dia membantu alam dari faktor pemanasan global dari emisi gas buangnya. Dua faktor diatas menjadi elemen yang bisa mempercepat redupnya dunia. Konsumsi bbm yang terus menerus dalam jumlah besar, akan menguras energi panas dalam perut bumi, dan itu sumberdaya alam yang tak dapat diperbaharui maupun terbarukan. Sementara emisi gas buang dari knalpot kendaraan yang tak ramah lingkungan akan membuat permukaan bumi mendidih, panas menyengat, dan mencairnya es antartika yang tentu dampak paling sederhananya adalah kini banjir dimana-mana.
Yamaha Mixture JET-Fuel Injection (YMJET-FI) adalah bagian dari ikhtiar berpadupadannya inovasi teknologi dengan kepedulian kita pada alam tempat kita bernaung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar