Selasa, 28 Februari 2012

H.Usep Romli HM, Berhenti Dari PNS, Hidup Berlimpah Dengan Menulis

Ada beberapa orang yang disinyalir memiliki penghasilan yang besar tapi tanpa harus repot bekerja, tanpa terkena jadwal berangkat pagi, pulang sore hari. Dia hanya duduk saja di rumah, tak kemana-mana.  Secara fisik dia tak banyak bekerja, yang berkerja adalah otaknya, pikiran cerdas, bernas, dan khas yang dipadu dengan jari jemarinya yang menari gemulai diantara huruf-hurup keyboard. Ya, salah satunya adalah sang pensiunan wartawan, dan seorang sastrawan Sunda yang tak pernah berhenti menulis, yaitu Kang H. Usep Romli HM.
Beliau adalah sedikit dari orang yang meskipun sudah berusia, tapi jiwa dan semangat menulisnya tiada henti. Sebagai orang yang sudah malang melintang di dunia jurnalistik, dunia tulis menulis, Kang H Usep adalah Da’i yang komplit. Beliau mampu berdakwah secara lisan, karena dia mampu menjadi muballigh yang hebat saat di atas mimbar, ceramah-ceramahnya menyejukan dan menyegarkan, Beliau juga mampu berdakwah secara tulisan. Banyak sekali percikan pemikiran dan dakwahnya yang di muat dalam media-media cetak baik nasional, regional maupun lokal Jawa Barat, termasuk berbagai analisanya dalam berbagai persoalan, baik agama, ekonomi, sosial, politik maupun budaya. Beliau juga memiliki kepedulian dalam dakwah Tindakannya, Beliau mendirikan sebuah lembaga atau yayasan di Garut yang bergerak dalam bidang Pendidikan, Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, khususnya yang berada di wilayah Garut, tanah kelahirannya.
Saya secara pribadi tak mengenalnya dengan baik.  Saya hanya sering membaca tulisan-tulisannya di koran Priangan, Pikiran Rakyat, Tribun, Kompas, Republika dan berbagai media lainnya. Beliau juga banyak menulis karya-karya sastra, cerpen, puisi, novel dan buku-buku anak-anak. Sebagian ada yang ditulis dalam bahasa Sunda, dan sebagian lainnya dalam bahasa Indonesia. Beberapa penghargaan telah beliau dapatkan, terakhir tahun 2011 memperoleh penghargaan Sastra Rancage untuk pengabdiannya dalam bidang sastra Sunda.
Dalam Wikipedia bahasa Indonesia, nama H. Usep Romli H.M. dikenal sebagai sastrawan Sunda,  lahir di Limbangan Garut, pada 16 April 1949. Awalnya Dia dikenal sebagai penulis buku anak-anak dalam bahasa Indonesia dan Sunda. Usep lulus dari Sekolah Pendidikan Guru pada tahun 1966 dan menjadi guru SD di Kadungora, Garut. Dia juga menjadi koresponden untuk mingguan Fusi (1972), Giwangkara (1972-76), harian  Pelita (1977-1979), harian Sipatahunan (1979-1980). Ketika hendak dipindahkan menjadi pegawai Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Bandung, dia memilih untuk melepas seragam Pegawai Negeri Sipil dan bekerja penuh sebagai wartawan Pikiran Rakyat sampai pensiun.
Seorang kawan pernah bercerita, bahwa Pa H. Usep Romli ini adalah sebagian dari orang yang berpenghasilan tinggi dengan hanya duduk di depan komputer. setiap hari tulisan-tulisannya masuk ke berbagai meja redaksi media cetak nasional, regional maupun lokal. Karyanya memang sudah memiliki tempat tersendiri di kalangan redaktur koran. Susah untuk tidak laik cetak, karena memiliki kekhasan tulisan, ketajaman analisa dan gaya bahasa yang menarik.
Sebagai seorang sastrawan Sunda, seorang mantan wartawan, dan kini sebagai penulis bebas, Kang H Usep Romli adalah sedikit orang yang memiliki keahlian, pengalaman dan ketajaman olah rasa, olah pikir dan olah pena. Dengan semuanya itu, beliau telah menunjukan sebagai sosok orang yang dapat terus berdakwah dengan lisan maupun tulisan serta tindakan nyata di masyarakat. Keputusannya untuk berhenti dari Pegawai Negeri Sipil secara total, dan serius dalam dunia menulis. telah membawa Kang H Usep Romli ini sebagai sosok yang hidup berlimpah dengan karya menulis.
Beliau cukup diam di rumah, dalam kebahagiaan masa tua, berkumpul bersama istri dan anak-anaknya, bermain dengan cucu, dan terus  tanpa henti merangkai kata, mengemas ide dan gagasan serta renungan.  Dan yang pasti, dalam limpahan materi dari Tulisannya, Beliau menikmati hari tuanya dengan tanpa henti memberi manfaat, berdakwah dengan lisan, tulisan dan tindakan. Kalayan Hurmat Ka Kang H. Usep Romli HM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar