Selasa, 28 Februari 2012

Sate Mata Lembu, Sajian Malam Khas Pantai Cipatujah

Jika anda berkesempatan jalan-jalan ke daerah Tasikmalaya, Mungkin anda bisa berendam air panas dan menyaksikan pemandangan eksotis Gunung Galunggung (Tapi sekarang lg waspada, lagi panas dalam..hehe), atau Anda dapat mencoba berwisata religi dengan ziarah ke makam Syech Abdul Muhyi Pamijahan, seorang Ulama awal pembawa Islam di tatar Sukapura dan diyakini sebagai wali, berikut jangan dilewatkan pula menjelajah jejak perjalanan dakwahnya dengan menyusuri gua yang menjadi tempat beliau ber tirakat dan mengajarkan ilmu kepada para pengikutnya.
Nah, Jika anda selesai berwisata religi ke Pamijahan, teruskanlah wisata anda menuju daerah pantai Indah Cipatujah. Jaraknya hanya sekitar 10 Km dari Pamijahan, Jika  ke Pamijahan kita mengambil arah kanan dari pas pertigaan Simpang, maka kalau ke Pantai Cipatujah, kita mengambil Arah ke sebelah kirinya. Jadi kalau kita arah pulang dari Pamijahan, pas simpang  tinggal lurus saja menuju Cipatujah.
Panorama pantainya tak kalah menarik dibandingkan pantai-pantai lainnya yang ada disepanjang pesisir selatan pulau Jawa, hanya saja Pantai Cipatujah ini ibaratnya masih perawan, belum banyak sentuhan kebijakan pemerintah daerah menyangkut potensi wisatanya, tidak sebagaimana Pantai Pangandaran di daerah Ciamis. Di Cipatujah ada beberapa penginapan sederhana, losmen, dan rumah penduduk yg suka disewakan, ada beberapa rumah makan yang menyediakan makanan ikan segar dari hasil tangkapan para nelayan.
Namun ada satu yang khas sebenarnya, Adalah Sate Mata Lembu. Mata lembu merupakan sejenis keong laut yang hidup diantara batu karang. Penduduk disana banyak yang berusaha dengan cara mencari mata lembu di sepanjag pantai Cipatujah dan Sindangkerta. Harganya lumayan bernilai ekonomis, karena masih terbilang langka dan susah mendapatkannya.
Tapi bagi orang yang sudah tahu khasiat Mata Lembu dan kelezatan masakan Sate atau Tumisnya, maka anda pasti akan mencarinya. Karena ternyata Sate Mata Lembu ini menurut penduduk sana memiliki khasiat yang bagus buat penambah vitalitas atau kejantanan pria. Anda cukup merogoh kantong Rp. 20.000 -30.000 untuk satu porsi sebanyak 10 tusuk sate Mata Lembu tersebut, murah bukan?
Hanya saja, memang tidak mudah untuk mencarinya sendiri atau membeli ke tempat pelelangan ikan. Kita harus memesan sebelumnya pada penduduk sana pada siang harinya, jika kita ingin menyantapnya di malam hari. Dan penduduk itu akan menghubungi beberapa penduduk yang biasa mencari mata lembu tersebut.
Jadi, Selain menikmati eksotisnya pemandangan Pantai Cipatujah, Nikmatilah sensasi asyik dan “greng” dari Sate Mata Lembunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar